Menjadi produsen makanan dan minuman yang berkualitas dan terpercaya baik itu di mata konsumen domestik maupun internasional tentu bukan pekerjaan mudah. Apalagi jika ingin menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk sejenis.
Namun berkat usaha dan inovasi produk, PT Mayora Indah telah membuktikan dirinya sebagai salah satu produsen makanan berkualitas tinggi dan menjadi market leader yang sukses menghasilkan produk produk yang menjadi pelopor pada kategorinya masing-masing.
Sebut saja:
- Permen Kopiko, pelopor permen kopi
- Astor, pelopor wafer stick
- beng beng, pelopor wafer caramel berlapis coklat
- Choki-choki, pelopor coklat pasta
- Energen, pelopor minuman cereal
- Kopi Torabika Duo dan Duo Susu, pelopor coffee mix
- Kopiko Brown Coffee, pelopor racikan kopi dengan gula aren
- Torabika Creamy Latte, pelopor kopi Latte dengan sajian gula terpisah.
Penghargaan pun diraih, diantaranya adalah
- “Top Five Best Managed Companies in Indonesia” dari Asia Money,
- “Top 100 Exporter Companies in Indonesia” dari majalah Swa,
- “Top 100 public listed companies” dari majalah Investor Indonesia,
- “Best Manufacturer of Halal Products” dari Majelis Ulama Indonesia,
- Best Listed Company dari Berita Satu,
- “Indonesia’s Corporate Secretary Award,
- Top 5 Good Corporate Governance Issues in Consumer Goods Sector, dari Warta Ekonomi
- dan banyak lagi penghargaan lainnya.
PT Mayora Indah Tbk
PT Mayora Indah Tbk. dan entitas anak memproduksi dan secara umum mengklasifikasikan produk yang dihasilkannya kedalam 2 (dua kategori) yaitu makanan dan minuman olahan, yang meliputi 6 (enam) divisi yaitu: Biskuit, Kembang Gula , Wafer , Coklat, Kopi , Makanan Kesehatan, yang masing masing menghasilkan produk berbeda namun terintegrasi.
Awalnya PT. Mayora Indah didirikan pada tahun 1977 dengan pabrik pertama berlokasi di Tangerang dengan target market wilayah Jakarta dan sekitarnya. Namun seiring perkembangan, PT Mayor Indah bisa melakukan Penawaran Umum Perdana dan menjadi perusahaan publik pada tahun 1990. Seluruh saham yang beredar tersebut dicatatkan pada PT. Bursa Efek Indonesia dengan kode perdagangan MYOR.
Setelah mampu memenuhi pasar Indonesia, PT. Mayora Indah memiliki target market; konsumen Asean. Dan kemudian melebarkan pangsa pasarnya hingga ke 5 benua di dunia.
Meskipun terjadi persaingan usaha dengan perusahaan pesaing yang memiliki bisnis yang sejenis, namun ini merupakan tantangan agar menjadi lebih kreatif dalam inovasi dan kritis dalam melakukan evaluasi terhadap keunggulan dan kekurangan produk yang ada.
Untuk itu, sambil terus mempertahankan kualitas produk, PT. Mayora Indah selalu berusaha menciptakan produk baru dan berbeda dengan yang telah beredar di pasaran, sehingga dapat menarik konsumen serta terus berusaha memperluas pangsa pasar produk hingga tanpa batasan.
PT Mayora Indah Produsen Makanan Olahan Berkualitas